GAASS Gelar Aksi di Halaman Kementerian ESDM

MENTRA, Jakarta – Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Sumatera Selatan (GAASS) menggelar aksi di halaman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Puluhan mahasiswa dan pemuda Sumatera Selatan menuntut terkait dugaan aktivitas tambang Batubara, Rabu (24/1/2024).

Ketua Umum GAASS, Andi Leo, mengatakan, bencana alam yang terjadi di Sumatera Selatan diduga karena maraknya aktivitas tambang, seperti di Kabupaten Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Muratara, Pali dll.

“Maka dengan itu kami melakukan aksi dengan membawa keinginan supaya bisa segera mengusut tuntas dugaan aktivitas tambang,” ujarnya.

Andi, menambahkan, bahwa adanya PT yang mengoperasikan tambang bukan malah mensejahterahkan rakyat, melainkan menyengsarakan rakyat itu sendiri.

“Tidak hanya itu, adanya banjir bandang, 7 jembatan putus, 250 rumah retak dan hancur, 35 sekolah dilanda banjir terbatasnya air bersih serta jalan macet, menjadi dugaan kuat akibat tambang Batubara,” tambahnya.

Ketum GAASS, melanjutkan, pihaknya akan mengawal penuh Kementerian ESDM dalam mengevaluasi seluruh PT tambang Batubara yang ada di Sumsel.

“Kami dari GAASS siap bersama kementrian ESDM untuk turun langsung meninjau lokasi PT yang diduga merusak lingkungan  dan melanggar aturan, agar segera ditindak tegas bahkan sampai dicabut izin operasi nya,” tutupnya.

Adapun tuntutan aksi sebagai berikut:
1. Mencabut izin perusahaan tambang Batubara yang berada di Kabupaten/Kota terdampak bencana.
2. Mengevaluasi Perusahaan yang diduga tidak bertanggung jawab atas aktivitas PT.
3. Memberhentikan aktivitas produksi yang dilakukan oleh PT karena diduga masih beroprasi.
4. Bertanggung jawab atas kerugian, gangguan kesehatan, rusaknya lingkungan hidup, tercemarnya sumber air, lenyapnya lahan pertanian, merosotnya ekonomi warga, polusi udara, rusaknya jalan, terhindar dari banjir dan longsor serta menjamin keselamatan, kesengsaraan masyarakat disekitar PT.

Selanjutnya, Nama-nama PT yang diduga masih terus beroperasi :

PT DUTA ALAM SUMATERA ( DAS )
PT BUKIT ASAM
PT CAKRA BUMI ENERGI
PT MUSTIKA INDAH PERMAI ( MIP )
PT SATRIA MAYANGKARA
SEJAHTERA ( SMS )
PT TRI MANDIRI PERKASA (TMP)
PT BUKIT TELUNJUK
PT ERA ENERGI MANDIRI
PT DUTA BARA UTAMA
PT RMK ENERGY PELABUHAN
BATUBARA
PT BARA ALAM UTAMA (BAU)
PT BHAKTI COAL RESOURCES
PT MUARA ALAM SEJAHTERA
PT. TITAN INFRA ENERGY

dll

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *