Humas UTU Hadiri Rakor Kehumasan Diktiristek 2023, Dorong Sinergitas Dalam Pembangunan Pendidikan Tinggi

MentraNews Jakarta – Universitas Teuku Umar (UTU) dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Pusat Hubungan Masyarakat dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (Humas & PPID), Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan Diktiristek tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, (03/08/2023)

MentraNews

Rakor yang dilaksanakan di Gedung D Kemdikbud Ristek pada Rabu – Jum’at (2-4/8) tersebut mengambil tema “Bersinergi Membangun Pendidikan Tinggi”. Rakor ini diikuti oleh 76 Perguruan Tinggi Negeri dan 16 LLDIKTI lingkup Kemendikbud Ristek.

Rakor Kehumasan ini dibuka oleh plt. Direktur Jenderal Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. Turut hadir Plt Sekretaris Dirjen Dikti, Kemendikbudristek, Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie dan sejumlah pejabat Diktiristek lainnya.

Dalam sambutannya Prof Nizam menyampaikan beberapa poin dalam rangka memjadi Humas yang unggul yaitu, bahwa Humas harus melakukan pola adaptasi di tengah perkembangan platform media yang sangat pesat. Hal ini karena Humas Perguruan Tinggi (PT) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola isu pendidikan agar sampai kepada semua lapisan masyarakat.

Lebih lanjut Prof Nizam menjelaskan pentingnya adaptasi teknologi dan platform karena kelompok milenial merupakan stakeholder utama sasaran pembaca dan melihat produk Humas.

Kelompok milenial sangat melek terhadap keberadaan media baru dan mereka akan menjadi pendukung tersebarnya produk  Humas lebih luas. “Satu hari satu berita positif, termasuk yang bisa dipahami oleh kelompok milenial akan sangat memberikan dampak terhadap tersebarnya produk Humas Pendidikan Tinggi”, tambahnya.

“Kami sedang fokus membangun kedaulatan/kemandirian teknologi, tentunya dibutuhkan peran humas pendidikan tinggi untuk bantu mengekspose,” katanya.

Selanjutnya Prof Nizam mengemukakan pentingnya peran humas untuk membantu para akademisi dalam menyebarkan berita yang ilmiah sehingga dapat dikonversi menjadi populer. “Mari bersama-sama berdinergi membangun humas pendidikan tinggi yang unggul,” pungkasnya

Aduwina Pakeh mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat. Banyak ilmu yang didapat untuk meningkatkan kualitas insan humas pendidikan tinggi. Berkesempatan saling bertukar pikiran untuk meningkatkan citra positif insan humas, khususnya di Perguruan Tinggi Negeri.

Ia menjelaskan, UTU siap menyambut Anugerah Humas dan Anugerah Kerjasama Diktiristek dengan berupaya maksimal melaporkan kegiatan kehumasan dari tiap katagori yang memiliki dampak terhadap stakeholder dalam hal tranformasi pendidikan tinggi dari aspek IKU, MBKM dan Matching Fund Kedaireka.

“Kita akan secara maksimal untuk mempersiapkan menghadapi Anugerah Ristekdikti ini, apalagi ditahun 2022 kemarin, UTU berhasil membawa pulang 4 anugerah yaitu bidang Video Profil, Majalah dan ULT serta PDDIKTI,” jelasnya

cheap

Lanjutnya, sejauh ini UTU selalu mengupdate dan menyajikan informasi kepada masyarakat baik berkaitan perkembangan, pembangunan, sumberdaya, prestasi, kegiatan dan lain-lain yang tentunya diharapkan dapat mendekatkan UTU dengan masyarakat.

“Tentu upaya ini akan secara terus-menerus dilakukan oleh rekan-rekan humas UTU dan civitas akademika UTU lainnya,” pungkasnya

Sebelumnya Koordinator Humas dan Kerjasama Ditjen Dikti Ristek Yayat Hendayana dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan rakor adalah untuk koordinasi dan sinergi, pemantauan dan evaluasi humas di lingkungan Dirjen Dikti.

“Kami berharap dengan Rakor ini humas bisa terus terpacu untuk membuktikan kinerja yang baik dan optimal untuk meningkatkan citra positif lembaga”, kata Yayat Hendayana.

Rakor kali ini panitia menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Wakil Seretaris Umum 2 Perhumas Emmy Kuswandari, Ketua Umum Iprahumas Indonesia Thoriq Ramadani, Ketua Umum Asosiasi
Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Managing Director
Imogen PR, Jojo S. Nugroho, Head of Engagement &
Community SAC Indonesia, Riska Noer Zaitun, Tenaga Ahli Madya Komunikasi Kantor Staf Presiden, Prita Laura,
Koordinator Umum Humas dan Kerjsama Yayat Hendayana, Subkoordinator Manajemen Data Pendidikan M. Nur Rochim, dan Subkoordinator Kerjasama Firman Hidayat. (Humas UTU)

Mudasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *