PII Pati Jadi Tuan Rumah Perhelatan LKP Jawa Tengah

MENTRA, Jakarta – Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia Kabupaten Pati (PD PII Pati) menjadi tuan rumah terselenggaranya Latihan Kepemimpinan Pelajar (LKP) Jawa Tengah 2024. Kegiatan ini berlangsung di SMPN 4 Pati. LKP Kali ini mengangkat tema “Pelajar Berkarakter Islami, Mewujudkan Peradaban Madani” pada Senin (24/6/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 68 peserta, dengan jenis kegiatan leadership bassic training (LBT), latihan brigade tingkat dasar (LBTD) dan Islamic Teenagers Course of Moslemah (Isteecomah) 2. LKP Pati ini merupakan kegiatan LKP pertama dimusim liburan pelajar sekolah semester ini, dimana yang kedua nanti akan dilaksanakan di tanggal 2 – 10 Juli 2024 di Kabupaten Brebes.

LKP Pati sendiri diikuti oleh tiga karesidenan yang ada di Jawa Tengah, yaitu eks Karesidenan Surakarta (Solo, Sragen, Karanganyar), eks Karesidenan Semarang (Semarang Kabupaten/Kota, Kota Salatiga, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Kendal), dan eks Karesidenen Pati (Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Jepara).

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Ketua Umum PD PII Kabupaten Pati saudara Muhammad Dzaky Dienullah.

Dalam sambutannya Dzaky menyampaikan tentang tugas dari para pelajar adalah belajar. Proses belajar, tidak perlu takut salah. Upaya untuk belajar tersebut merupakan bagian dari proses untuk berlatih diri

LKP kali ini diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Tulus Budihardjo pada tanggal 24 Juni 2024. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat mengikuti latihan kepemimpinan pelajar di Kabupaten Pati, semoga terbentuk generasi pelajar islami yang kelak bermanfaat untuk bangsa dan negara

Ketua Umum PW PII Jawa Tengah, Rahman Hakim, menyampaikan tentang karakteristik generasi Z yang memiiliki ketergantungan pada teknologi sehingga melemahkan kompetensi dan problem mental (kedirian).

“Maka latihan kepemimpinan menjadi salah satu jalan solusi untuk membekali Gen-Z bukan hanya tentang kepemimpinan, tapi juga hardskill dan softskill,” ujarnya.

Kegiatan juga dihadiri oleh Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Jawa Tengah, Bapak Faqihuddin Habibullah. Beliau menyampaikan tentang 5 (lima) poin karakter kepribadian yang mau dibentuk oleh PII di LKP, yaitu ketawqaan, sholat di awal waktu dan berjamaah, public speaking, good attitude, dan ketangguhan

Kepala SMPN 4 Pati, Mulyono menyampaikan bahwa pendidikan tidak hanya mengasah intelektual saja, namun juga mengasah aspek emosional (rasa).

“Kedepan peserta setelah mengikuti LKP ini bisa membangun karakter akhlakul karimah. Kepala SMPN 4 Pati ini menyatakan sangat mendukung kegiatan yang dapat mencerahkan masa depan bangsa,” tutupnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *