Potong Hewan Kurban Bersama Masyarakat, SD Balirejo: Implementasi Pembelajaran Agama

Sumber: Dokumentasi SD Balirejo

SD Balirejo Yogyakarta mengadakan kegiatan Sedekah Hewan Kurban di lapangan sekolah pada kamis (20/06). Kegiatan tersebut melibatkan berbagai pihak, mulai dari murid, wali murid, guru, dan masyarakat sekitar.

Armina Dewi, selaku penanggung jawab kegiatan, menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan sebagai sarana edukasi dan aktualisasi pembelajaran di kelas agar menuai kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini kami selenggarakan dalam rangka memberikan edukasi kepada para siswa mengenai ibadah kurban, mulai dari proses penyembelihan, pemotongan hingga pendistribusian. Sehingga para murid tidak hanya memahami teori di kelas saja, melainkan juga paham bagaimana ibadah kurban itu dilakukan dan bermanfaat untuk banyak orang, terutama masyarakat,” jelasnya dalam sesi wawancara.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan sedekah hewan kurban ini, hasil gotong royong berbagai elemen, sehingga dapat menyembelih satu ekor sapi dan dua ekor kambing. 

“Tahun ini alhamdulillah kita dapat menyembelih dua ekor kambing dan satu ekor sapi. Sapi kami dapat dari donatur, satu kambing dari sohibul kurban wali murid dan satu ekor lagi hasil patungan dari para murid. Alhamdulillah terkumpul dari hasil patungan para murid untuk membeli satu ekor kambingnya,” tambahnya.

Ia juga berharap, kegiatan sosial-keagamaan tersebut dapat dilakukan setiap tahun dan anak-anak dapat belajar dari kegiatan sedekah hewan kurban.

“Semoga acara ini dapat berlangsung setiap tahun, hewan kurbannya bisa lebih banyak lagi. Serta melalui kegiatan ini anak-anak dapat belajar bahwa memberikan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain itu tidak mudah. Namun, dengan niat yang kuat dalam berbagi dan penuh keikhlasan akan banyak hikmah yang lahir. Sehingga melalui program sedekah kurban ini anak-anak dapat belajar dari sana. Terakhir, saya berharap anak-anak dapat menjadi anak yang sholeh dan sholehah tentunya,” tutupnya.

GRS

Gusti Rian Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *