Global Education Fair, Universiti Kebangsaan Malaysia Menawarkan Pendidikan Terbaik Untuk Warga Pontianak

MENTRA, Jakarta – Pendidikan merupakan investasi masa depan yang dapat meningkatkan kualitas hidup anak bangsa, tidak heran jika ada pepatah lama yang berbunyi menuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina.

Pameran Pendidikan Global yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat bekerja sama dengan EMGS (Education Malaysia Global Services) dan Konsulat Pendidikan Malaysia untuk Pontianak agar warga Kalimantan Barat dapat memilih melanjutkan pendidikan tinggi terbaik. Rangkaian ini dilaksanakan pada 12 – 13 Juni 2024 bertempat di Pontianak Convention Centre (PCC).

Dalam kesempatan ini, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) adalah salah satu universitas terbaik di Malaysia berpartisipasi dalam pameran edu global tersebut. UKM membuka kesempatan bagi warga Kalimantan Barat untuk mengenyam pendidikan berkualitas.

Secara geografi, Malaysia adalah jiran (tetangga) Indonesia. Memiliki kekerabatan secara ras dan budaya, membuat warga Indonesia akan lebih mudah beradaptasi ketika melanjutkan pendidikan di Malaysia.

Bahasa Melayu yang menjadi bahasa resmi di Malaysia satu rumpun dengan Bahasa Indonesia. Hal ini memudahkan anak Bangsa Indonesia untuk berkuliah di UKM. UKM menawarkan perekrutan tanpa test Bahasa Inggris (kecuali untuk jurusan Kedokteran dan jurusan Internasional yang memiliki ketentuan khusus).

Ramainya generasi muda yang menggunakan TikTok, membuat Bahasa Indonesia banyak dipahami oleh orang Malaysia saat ini. Tentu saja, hal tersebut mempermudah anak Indonesia berkomunikasi selama di negeri Jiran.

UKM juga menawarkan solusi pendidikan dengan biaya yang terjangkau tanpa ada sumbangan atau biaya gedung. Ada beberapa program favorit yang banyak diminati oleh pelajar Indonesia, antara lain Double Degree Kedokteran UKM-UNPAD, ilmu ekonomi dan bisnis, komunikasi, teknik, sosial politik, pendidikan, kajian Islam, dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan yang luar biasa ini pula, PIC Pameran dan juga Assoc dari UKM yaitu Azahan Awang menyampaikan, bahwa pihaknya sejauh ini telah bersinergi dan mulai bermitra dengan berbagai institusi pendidikan di Indonesia bahkan di Pontianak.

“Terlebih baru baru ini juga, kami sudah mengirimkan dua LoA berupa kerjasama di Universitas yang ada di Pontianak ini,” kata Azahan,  Rabu (12/6/2024).

“Selain itu, kami berada disini juga bermaksud untuk menawarkan berbagai program pendidikan yang ada di UKM secara berjenjang serta mencangkup keseluruhan bidang,” tambahnya.

Dalam closing statementnya, beliau juga menyampaikan pesan untuk warga Pontianak terkhususnya. Bahwa dirinya ingin keterlibatan seluruh masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia merupakan sebuah kesempatan yang baik.

“Pontianak dan Malaysia sendiri kurang lebih memiliki kultur kebudayaan yang hampir sama serta juga di bidang lainnya. Ini menjadi nilai plus, dimana dapat menjadi persiapan yang lebih baik sebelum melanjutkan pendidikan di Malaysia terutama UKM nantinya,” tutupnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *