PKBH Untan dan MBKM Sekolah Penggerak Himmat FKIP Untan Gelar Program “Goes to School”

MENTRA, Jakarta – Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh mahasiswa magang Pusat Konsultasi Bantuan Hukum (PKBH) Universitas Tanjungpura (Untan) dan mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Sekolah Penggerak Himmat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untan sukses diselenggarakan di SMAIT AL-Mumtaz Pontianak, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan ini mengusung tema “Kenakalan Pelajar dan Degradasi Moral serta UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak”.

Acara ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada para siswa mengenai berbagai bentuk kenakalan pelajar, dampak degradasi moral, serta implikasi hukum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Melalui pendekatan edukatif, siswa dapat menghindari perilaku negatif dan memahami konsekuensi hukum dari tindakan mereka,” ujar Muhammad Tahir selaku Dosen Hukum Untan dan Pengawas Pelaksana Program oleh Mahasiswa Magang PKBH Untan.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa magang dan MBKM mengadopsi pendekatan interaktif yang melibatkan siswa secara langsung. Diskusi dan sesi tanya jawab aktif memungkinkan siswa untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan jawaban langsung dari para pakar hukum dan pendidikan.

“Kami ingin siswa merasa terlibat dan memahami materi yang disampaikan secara mendalam,” ujar Jamaludin, salah satu mahasiswa magang PKBH Untan.

Selain menyasar siswa, program ini juga menekankan peran penting orang tua dan guru dalam membimbing dan mengarahkan anak-anak. Materi yang disampaikan membantu orang tua dan guru memahami tanggung jawab mereka dalam mencegah kenakalan remaja dan degradasi moral.

“Keterlibatan semua pihak sangat penting dalam membentuk karakter anak yang positif,” tambah Jamal.

Tema “Kenakalan Pelajar dan Degradasi Moral serta UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak” dipilih untuk meningkatkan kesadaran hukum dan moral di kalangan siswa.

“Kedepan kegiatan ini dapat membangun karakter siswa yang lebih baik, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran hukum yang tinggi,” ujar Muhammad Faras dari MBKM Sekolah Penggerak Himmat FKIP Untan.

Kepala Sekolah SMAIT AL-Mumtaz Pontianak, Zaenuri, menyampaikan apresiasi terhadap program ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini karena sangat bermanfaat bagi siswa-siswa kami. Kerjasama ini diharapkan terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan,” ujarnya.

Program “Goes to School” yang dilaksanakan oleh mahasiswa magang PKBH Untan dan MBKM Sekolah Penggerak Himmat FKIP Untan di SMAIT AL-Mumtaz Pontianak adalah bukti nyata dedikasi dalam mendidik generasi muda agar terhindar dari kenakalan dan degradasi moral.

Edukasi hukum dan moral yang diberikan diharapkan dapat membentuk pribadi siswa yang lebih baik dan bertanggung jawab.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *