Kinerja KPU Dinilai Buruk, GAASS Banyuasin Minta DKPP Melalui Bawaslu Pecat Komisioner KPU

MENTRA, Jakarta – Gerakan Pemuda Mahasiswa Sumatera Selatan (GAASS) Banyuasin menggelar aksi di kantor BAWASLU Kabupaten Banyuasin menggugat KPU Kabupaten Banyuasin terkait indikasi dugaan kecurangan pada seleksi rekrutmen calon anggota PPS & PPK di KPU Banyuasin, Rabu (12/6/2024).

Aksi GASS Banyuasin juga menyoroti adanya dugaan indikasi kuat pungutan liar di lingkungan Komisioner KPU Banyuasin dan dugaan salah satu panitia PKD yang berafiliasi menjadi pengurus/anggota partai politik.

Ketua Umum GAASS Banyuasin, Wahyu Dwi Nanda,  mengatakan peran dan fungsinya Bawaslu Banyuasin pasalnya banyak dugaan pelanggaran serta kecurangan dalam proses rekrutmen anggota PPK, PPS dan PKD di kabupaten Banyuasin.

“Kami mendesak Bawaslu Banyuasin untuk segera menindaklanjuti dugaan indikasi pelanggaran kode etik dan adanya dugaan pungutan liar di lingkungan Komisioner KPU di kabupaten Banyuasin. Serta dugaan salah satu panitia PKD yang berafiliasi dan menjadi pengurus/anggota partai politik,” ujarnya.

Setelah menggelar aksi di Bawaslu Banyuasin, GAASS Banyuasin akan melanjutkan aksinya di Bawaslu RI dan DKPP.

Ketua Wahyu, meminta untuk mengevaluasi kinerja dari komisioner KPU Banyuasin jika terbukti ada oknum melakukan perbuatan yang melanggar hukum maka dengan tegas pihaknya harus disanksi.

“GAASS Banyuasin meminta untuk oknum tersebut ditindak sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu, April Yadi, mengucapkan terima kasih kepada pengurus GAASS Banyuasin yang telah hadir dalam rangka melakukan unjuk rasa secara damai.

“Besok kami akan ke kantor DKPP untuk membawa laporan masyarakat terkait indikasi dugaan yang dilakukan oleh Komisioner KPU Banyuasin,” ucapnya.

April juga menambahkan, pihaknya akan memanggil Panwascam untuk mengklarifikasi dugaan angggota PKD berafiliasi dan menjadi pengurus/anggota partai politik.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *