Jelang Pilkada 2024, Ketua Umum GAASS Banyuasin Pertanyakan Integritas KPU dan Bawaslu Banyuasin

MENTRA, Jakarta – Ketua Umum GAASS Cabang Banyuasin, Wahyu Dwi Nanda mempertanyakan integritas KPU dan BAWASLU Kabupaten Banyuasin.

“Seharusnya proses seleksi tersebut dilakukan secara profesional dan terbuka jangan sampai hasil dari proses seleksi tersebut mencoreng integritas KPU dan BAWASLU Banyuasin sebagai lembaga pelaksana dan penyelenggara pilkada nanti,” kata Ketum Wahyu saat diwawancarai media, Ahad (8/6/2024).

Dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 KPU dan BAWASLU Banyuasin melaksanakan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) Dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa ( PKD) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati dan Wakil Bupati pada kabupaten Banyuasin 2024.

Berkaitan dengan proses seleksi calon anggota tersebut terdapat kejanggalan yang beredar dan menjadi perbincangan publik, yaitu :

1. Adanya perubahan atau ralat pengumuman tentang hasil penetapan seleksi calon anggota PPK dan PPS .
2. Adanya informasi dugaan Pungli untuk menjadi anggota PPK dan PPS dgn nominal tertentu di berbagai platfom media sosial.
3. Adanya Informasi Dugaan Anggota PKD yang berafiliasi dan menjadi pengurus/anggota partai politik

Lanjut, Ketum Wahyu menambahkan, dalam rangka mendorong terwujudnya Rekrutmen PPK, PPS dan PKD yang jujur dan adil sesuai dengan undang-undang tidak seharusnya oknum Panitia Penyelenggara melakukan pungli karena hal tersebut merupakan pelanggaran etik dan moral.

“Kita ingin pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 di Kabupaten Banyuasin nantinya berjalan dengan baik, sehingga GAASS Banyuasin meminta hasil dari proses seleksi calon anggota PPK, PPS dan PKD juga memiliki kompetensi dan integritas nya,” tambahnya.

Ketua Umum GAASS Banyuasin, melanjutkan untuk meminta komisioner KPU Banyuasin bertanggung jawab dan mengevaluasi hasil dari seleksi tersebut yang penuh akan kejanggalan dan dugaan kecurangan.

“Kami minta dengan tegas agar komisioner BAWASLU Banyuasin bertanggung jawab dan mengklarifikasi dugaan anggota PKD yang berafiliasi dan menjadi pengurus/anggota partai politik. Jika benar adanya dugaan tersebut GAASS Banyuasin akan segera menggelar aksi dan melaporkan hal tersebut,” tutupnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *