FKMD Sumsel Gelar Talkshow Tentang UMKM Di Sumatera Selatan

Mentra, Palembang – Forum Komunikasi Mahasiswa dan Pemuda Daerah (FKMD) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Talkshow dengan judul “Peran Mahasiswa dan Pemuda dalam Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi di Sumatera Selatan” pada tanggal 08 Juni 2024 di Ballroom Grand Daira Hotel Palembang, Sabtu (8/6/24).

Talkshow FKMD ini dihadirinya oleh Agus Fatoni sebagai PJ. Gubenur Sumsel, Anita Noeringhati sebagai Ketua DPRD Sumsel. Pengisi talkshow ini diantaranya Amiruddin sebagai Kepala Dinas Koperasi &UKM Sumsel, Hermasyah Mastari sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Eko Budhi Prasetyo sebagai Kepala PT. RFB Palembang, Siska Jauarti sebagai dosen dan psikolog, dan Donny Meilano sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Mahab Rabanni Palembang.

Kepala Dinas Koperasi & UKM Sumsel, Amiruddin, mengatakan dalam talkshow tersebut bahwa mahasiswa dan pemuda sekarang harus berinovasi di era digital dan Dinas Koperasi & UKM siap berkolaborasi.

“Sebuah keniscayaan yang harus kita ikuti, sebagai mahasiswa dan pemuda Sumatera Selatan harus melakukan inovasi dalam bidang UMKM, karena itu akan mendorong perekonomian Indonesia. Kami sebagai bagian pemerintahan siap melakukan kolaborasi,” kata Amiruddin.

Ketua Hipmi, Hermasyah Mastari, dalam talkshow tersebut mengatakan bahwa menjadi pengusaha akan membuka jalan untuk mencapai tujuan.

“Saya ingin menyebarkan luaskan virus sebagai pengusaha untuk memajukan perekonomian Indonesia. Menjadi pengusaha membuat kita untuk membuka jalan ke manapun,” kata Herman.

Kepala PT. RFB, Eko Budhi Prasetyo, menyampaikan dalam talkshow ini bahwa mahasiswa dan pemuda saat ini adalah garda terdepan dalam memajukan sektor ekonomi atau UKM di era digital.

“Pada kesempatan kali ini, saya ingin sampaikan bahwa mahasiswa dan pemuda adalah corong paling ampuh untu memajukan ekonomi dalam era digital,” kata Eko.

Dosen dan Psikolog, Siska Jauarti, menyampaikan dalam talkshow bahwa peran generasi sekarang dalam pemanfaatan teknologi di era sekarang.

“Berbicara tentang UMKM, bicara tentang potensi generasi sekarang yaitu generasi yang hidup dalam teknologi. Harus memanfaatkan dan mengevaluasi dalam menggunakan teknologi,” kata Siska.

Pimpinan Pondok Pesantren Mahab Rabanni Palembang, Donny Meilano, menyampaikan dalam talkshow bahwa Nabi Muhammad sebagai figur anak muda sekarang untuk mengembangkan UMKM.

“Figur yang cocok untuk menjadi contoh sebagai pengusaha dan birokrat adalah Nabi Muhammad, Nabi menjadi figur pengusaha sukses sampai sekarang,” kata Donny.

Ketua FKMD Sumsel, Apriyani, menyampaikan dalam sambutannya bahwa talkshow ini berfungsi untuk mengembangkan UMKM di masa digital serta memberikan peran mahasiswa dan pemuda dalam mengembangkannya.

“Banyak pembicara dalam talkshow ini, mulai dari pemerintah, pelaku UMKM, akademis Islam, psikolog, dan lain sebagainya. Guna talkshow ini agar mahasiswa dan pemuda mengetahui perannya dalam memajukan UMKM di Sumatera Selatan pada era digital ini,” ujar Apri.

Putra Handriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *