Menjadi Entrepreneur Muda yang Sukses

Menjadi Entrepreneur Muda yang Sukses

 

Catatan: Rizky Pahlevy

 

Saat ini entrepreneur muda sedang menjadi tren di kalangan milenialis. Tentunya, sebagai anak muda kita tidak boleh ketinggalan, apalagi berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik.

 

Entrepreneur muda, yakni para pengusaha muda diharapkan mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi perekonomian Indonesia.

 

Karakter milenial yang suka tantangan dan perubahan, mendorong mereka untuk senantiasa mandiri dan kreatif. Ditambah lagi, pengembangan teknologi yang luas membuka banyak kesempatan baru dalam mengembangkan bisnis.

 

Selain itu, eratnya millennial dengan perkembangan teknologi, menjadikan entrepreneur salah satu pilihan profesi yang menarik.

 

Milenial yang menyukai tantangan, dan memantapkan diri terjun menjadi seorang entrepreneur muda, ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan:

 

Menambah skill dan pengetahuan

 

Kalau kamu mau jadi seorang entrepreneur, artinya kamu harus siap menjadi pribadi yang Generalist. Sebab, untuk membangun bisnis secara tidak langsung kamu akan terus meningkatkan dan mempelajari skill baru, entah itu di bidang marketing, media sosial, kepemimpinan serta keterampilan lainnya.

 

Mengasah kemampuan berinovasi

 

Dengan menjadi seorang entrepreneur, maka kondisi akan memaksamu memiliki daya analisa tinggi serta keberanian untuk mengeksplorasi hal-hal baru.

 

Jangan takut untuk memulai

 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, dengan memulai bisnis di usia muda, kamu masih memiliki banyak waktu untuk belajar dan berkembang serta kesempatan yang lebih banyak mengalami trial dan error.

 

Dengan waktu yang kamu punya, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan beragam eksperimen bisnis dengan kesempatan mengeksekusi ide kreatif.

 

Kemampuan pertama yang harus dimiliki entrepreneur adalah berpikir kreatif. Artinya berpikir out of the box atau melihat sesuatu secara berbeda, mencari sesuatu hal yang kreatif untuk bisnisnya supaya unik dan tidak sama dengan yang lain. Tidak mengherankan jika entrepreneur tidak takut untuk mencoba hal-hal baru demi kemajuan bisnisnya.

 

Manajemen waktu yang baik

 

Entrepreneur yang tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik kemungkinan besar akan gagal dalam bisnisnya. Entrepreneur harus menentukan deadline pelaksanaan, merancang prioritas, serta mengatur waktu dengan cermatt. Salah perhitungan sedikit saja bisa berakibat fatal terhadap keberlangsungan bisnis.

 

Kemampuan berkomunikasi yang efektif

 

Kemampuan lain yang harus dimiliki oleh entrepreneur adalah kemampuan komunikasi yang efektif, mengetahui teknik public speaking yang baik, juga cara bernegosiasi. Hal tersebut sangat penting sehingga kedepannya seorang pengusaha pandai dalam berkomunikasi dengan investor, pelanggan, hingga ke karyawan. Dengan kemampuan komunikasi yang efektif, entrepreneur dapat memperkenalkan model bisnisnya ke semua orang, terutama kepada investor dan stakeholder dalam mencari modal. Tanpa kemampuan ini tentu saja bisnis akan mengalami perkembangan yang lambat.

 

Berpikir strategis

 

Berpikir strategis juga merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh entrepreneur. Mengapa demikian? Sebab, pengusaha harus pandai dalam mengatur strategi bisnisnya dalam setiap proses menentukan peluang, mengambil keputusan serta untuk meminimalisir risiko yang dihadapi.

 

Selain itu, sebagai seorang pebisnis muda, harus membangun jaringan, karena jaringan yang luas, menjadi salah satu faktor kesuksesan.

 

Nah, sahabat milenial, itu beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin menjadi entrepreneur muda yang sukses.**red.

Riki Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *