Islamic Volunteering Program Gelar Ekspedisi Muslim Suku Champa Vietnam Season 3

MENTRA, Jakarta – Inviet Moeslem Solidarity mengadakan Islamic Volunteering Program Ekspedisi Muslim Suku Champa Vietnam Season 3 pada tanggal 28 Mei hingga 2 Juni 2024. Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan, sambil memperkuat ikatan solidaritas di antara umat Muslim.

Ekspedisi ini khususnya ditujukan untuk memberikan bantuan kepada Suku Champa di Vietnam, sebuah komunitas yang terkadang terpinggirkan dan memerlukan perhatian khusus. Dengan memahami kebutuhan dan keunikan budaya mereka, Inviet Moeslem Solidarity bertujuan untuk memberikan bantuan yang efektif dan berkelanjutan.

Selain memberikan bantuan materi, program ini juga mencakup berbagai kegiatan sosial dan pendidikan yang bertujuan untuk memperkuat komunitas lokal dan meningkatkan pemahaman lintas budaya. Ini termasuk pengajaran bahasa Inggris, workshop keterampilan, dan kegiatan rekreasi untuk anak-anak.

Mufrodi, Founder Inviet MS, mengatakan, melalui Islamic Volunteering Program Ekspedisi Muslim Suku Champa Vietnam Season 3, Inviet Moeslem Solidarity kedepan agar dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan dan memperluas jaringan solidaritas lintas budaya.

“Adanya kerjasama dan dukungan dari para sukarelawan, kami yakin program ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas yang kami layani,” ujarnya.

Mufrodi, menambahkan, Ekspedisi Muslim ke Suku Champa di Vietnam, akan menjadi acara yang menarik dan berdampak. Program ini mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman dan membina hubungan antara komunitas Muslim dan Suku Champa di Vietnam.

“Salah satu kegiatan utama yang direncanakan untuk ekspedisi ini adalah mengunjungi Desa Muslim Suku Champa. Kunjungan ini akan memberikan peserta kesempatan untuk belajar tentang budaya dan tradisi unik masyarakat Champa, serta berinteraksi dengan komunitas lokal dan membangun hubungan yang dapat bertahan seumur hidup,” tambahnya.

Founder Mufrodi, melanjutkan, kegiatan penting lainnya yang direncanakan untuk program ini adalah pencetakan Al-Qur’an dalam bahasa Vietnam. Inisiatif ini bertujuan untuk membuat ajaran Islam lebih mudah diakses oleh Suku Champa, dan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi keimanan yang lebih dalam di kalangan masyarakat setempat.

“Program ini juga mencakup penggalangan donasi jam masjid digital, yang akan membantu meningkatkan efisiensi dan pengaturan waktu sholat di masjid-masjid setempat. Kontribusi ini tidak hanya bermanfaat bagi komunitas Muslim di Vietnam tetapi juga menunjukkan semangat kemurahan hati dan dukungan di antara para peserta ekspedisi,” lanjutnya.

Ekspedisi ini juga menampilkan tour sejarah Perang Vietnam, yang memungkinkan peserta menelusuri kembali periode penting dalam sejarah ini. Pengalaman pendidikan ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai konteks dan dampak perang terhadap rakyat Vietnam dan membantu menumbuhkan empati dan pemahaman di antara para peserta.

Selain itu, program yang dilaksanakan meliputi kunjungan ke pesantren pertama di Vietnam, KBRI/KJRI, universitas, museum perang, dan city tour. Kegiatan-kegiatan ini akan menawarkan kepada para peserta beragam pengalaman dan peluang untuk terlibat dalam berbagai aspek budaya, sejarah, dan masyarakat Vietnam.

Secara keseluruhan, Program Ekspedisi Muslim Suku Champa Vietnam Musim 3 menjanjikan perjalanan yang transformatif dan memperkaya bagi seluruh peserta.

Sehingga terlibat dalam berbagai aktivitas dan interaksi, ekspedisi ini bertujuan untuk mempromosikan pertukaran budaya, dialog antaragama, dan saling pengertian antara komunitas Muslim dan Suku Champa di Vietnam. Melalui inisiatif-inisiatif seperti itulah kita dapat membangun jembatan persahabatan dan kerja sama yang melampaui batas-batas budaya dan agama.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *