Relawan Muda BerAkhlak Ajak Penyandang Disabilitas Nobar Debat Capres

MENTRA, Jakarta – Relawan Muda BerAkhlak (RMB) menggelar nonton bareng debat calon presiden bersama penyandang disabilitas dari Yayasan Disabilitas Indonesia Satu, bertempat di Mardin Fine Baklava Cafe, Jakarta Selatan, Minggu (4/2/2024).

Ketua Panitia, Beatrix Christianti Halim menuturkan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi politik sekaligus ingin menghadirkan kesetaraan yang merupakan hak setiap warga negara.

“Kita ingin berbagi perspektif soal politik dengan teman-teman penyandang disabilitas, sekaligus menegaskan komitmen paslon nomor urut 2 Pak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka terhadap masa depan penyandang disabilitas di Indonesia,” ujarnya.

Beatrix, menambahkan, di Indonesia masih sangat minim tingkat kepedulian terhadap kondisi yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas. Tidak hanya soal kebijakan pemerintah terkait dengan kondisi mereka, tapi juga lingkungan sekitar tempat dimana mereka berada belum sepenuhnya memberikan support yang menghadirkan rasa aman dan nyaman.

“Kita ingin memastikan keadilan dan kesetaraan itu hadir. Serta mendorong agar kedepan penyandang disabilitas menjadi prioritas pemerintah sehingga tak ada lagi stigma buruk yang didapatkan oleh mereka,” tambahnya.

Beatrix, melanjutkan, bahwa dalam proses membawa Indonesia menuju era emas tahun 2045, tidak bisa lepas dari peran seorang perempuan dan teman-teman penyadang disabilitas. Perempuan harus terus bersatu dan bersuara untuk memastikan bahwa hak-hak mereka dihormati dan kesetaraan menjadi kenyataan bagi semua.

“Seorang penulis terkenal bernama Diane Mariechild pernah berkata wanita ibarat lingkaran sempurna, di dalam dirinya terdapat kekuatan untuk menciptakan, memelihara, dan mengubah,” lanjutnya.

Sebelumnya, nonton bareng ini didahului dengan acara talkshow dengan tajuk ‘Womeninspiration’ yang bertemakan “Peran Perempuan dalam Mempersiapkan Indonesia MenujuEra Emas 2045”.

Talkshow ini sendiri menghadirkan tiga pembicara atau keynote speaker, diantaranya, Putri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla, Penulis Novel Ada Apa dengan Cinta Nadia Silvarani Lubis, dan Koordinator Bidang Sosial dan Perempuan Relawan Muda BerAkhlak Istia Sofyania, serta di moderatori oleh Clara Cinta Bella.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *