Naik Peringkat, UTU Raih Terbaik ke-2 Anugerah Diktiristek 2023 Kategori Unit Layanan Terpadu PTN Satker

Jakarta :  Khabar membanggakan kembali diterima oleh Civitas Akademika Universitas Teuku Umar (UTU), kali ini di penghujung tahun 2023, UTU kembali berhasil mencatatkan namanya dalam ajang Penanugerahan Diktiristek 2023.

Universitas Teuku Umar meraih prestasi Silver Winner (terbaik ke-2) kategori Unit Layanan Terpadu PTN Satker pada Anugerah Diktiristek Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teksnologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) di Hotel Sheraton Grand, Jakarta pada Rabu, (13/12/2023).

Posisi peringkat yang diraih UTU melalui Unit Layanan Terpadu meningkat dari posisi sebelumnya dengan meraih prestasi Bronze Winner dijang yang sama pada Tahun 2022 menjadi prestasi  Silver Winner (peringkat 2).  Penghargaan pada Kategori Unit Layanan Terpadu merupakan bagian dari Anugerah Diktiristek Tahun 2023 bidang kehumasan.

Dalam anugerah bergengsi itu, kampus “Source of Inspiration” meraih 2 penghargaan untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN Satker). Selain Silver Winner untuk ULT, UTU juga meraih Bronze Winner untuk Anugerah Kerjasama kategori Kerjasama dengan Pemerintah dan NGO Terbaik.

Kedua penghargaan tersebut diterima langsung Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M Si, yang didampingi Koordinator Pusat PPID, Kehumasan dan Penerbitan, Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc, Redaktur Majalah UTU News, Ikhsan, SE., M.Ak dan Ketua IKA UTU Jakarta, Mudasir, S.E., M.Sos

Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek Prof Ir Nizam, M Sc, DIC, Ph D, IPU, ASEAN Eng menyampaikan trasnformasi pendidikan tinggai di Indonesia, selama empat tahun berjalan secara akseleratif, melalui program trasnformasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program tersebut mengeratkan hubungan antara kampus dengan dunia usaha dan dunia industri. Kerja sama baik dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berjalan telah menetaskan banyak hasil yang dirasakan masyarakat, dan dunia usaha dan industri.

“Berkat usaha keras diakhir 2023 Indonesia meraih peringkat ke-5 dari 132 negara dalam Indeks Inovasi Global untuk kolaborasi riset dan pengembangan antara universitas dan industri, dari sebelumnya peringkat 35, lompatan yang tidak tanggung-tanggung,” ujar Prof. Nizam.

Untuk itu, Anugerah Diktiristek adalah ajang apresiasi kepada PTN/PTS dan mitra usaha dan industri atas kolaborasi dan prestasi yang diraih. Apresiasi juga diberikan atas peran media dan para insan Humas PTN/PTS yang menurut Dirjen Diktiriestek amat penting di era informasi yang begitu masif dan cepat. “Semoga sedikit apresiasi di akhir tahun memperkuat semangat kita untuk memasuki tahun 2024, dengan semangat yang semakin tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Prof. Nizam.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UTU Prof Ishak Hasan  menyampaikan selamat dan apresiasi kepada jajaran tim Humas dan Kerja Sama UTU atas raihan dua penghargaan Anugerah Diktiristek tahun 2023.

Menurutnya, ini menjadi wujud kinerja UTU selama ini dalam melakukan transformasi perguruan tinggi, maksimalisasi implementasi tridarma perguruan tinggi termasuk penguatan MBKM.

Prof Ishak Hasan, juga menyampaikan, anugerah ini sebagai motivasi bagi UTU untuk terus meningkatkan kualitas di segala aspek. Kinerja yang dilakukan UTU selama ini dapat dilihat dari berbagai ikhtiar yang dilakukan di antaranya yaitu peningkatan tata kelola kelembagaan, internasionalisasi program, hingga peningkatan kualitas dan kuantitas kerja sama termasuk dengan dunia usaha dan industri (DUDI).

“Tentu dengan anugerah ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola kelembagaan, memperbanyak inovasi dan melahirkan program-program yang berdampak pada masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

“Alhamdulillah capaian ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen di UTU. Semoga UTU mampu meningkatkan kinerja secara maksimal dan diikuti oleh prestasi lainnya di tahun 2024 mendatang,” pungkas Prof Ishak Hasan

Sementara itu, Koordinator Pusat PPID, Kehumasan dan Penerbitan UTU, Aduwina Pakeh menjelaskan keberhasilan meraih 2 penghargaan pada ajang Anugerah Diktiristek 2023 ini tidak terlepas dari peran aktif para pranata Humas UTU dan segenap teamwork yang terus merawat hubungan baik dengan berbagai lembaga.

Humas menjadi corong perguruan tinggi dalam mensukseskan berbagai program strategis yang ada di UTU. Tugas Humas semakin kompleks, tidak hanya membangun reputasi lembaga, tetapi juga menangani komunikasi krisis baik dengan publik internal maupun eksternal.

Dalam upaya penyelenggaraan pelayanan publik yang optimal, Unit Layanan Terpadu Universitas Teuku Umar terus menerus berupaya mengembangkan sejumlah inovasi untuk meningkatkan kepuasan publik terhadap layanan publik di Universitas Teuku Umar.  Sejak berdiri, Unit Layanan Terpadu UTU berhasil mengembangkan sejumlah inovasi dalam bentuk media informasi dan layanan digital.

“Unit Layanan Terpadu UTU berfungsi sebagai penyelenggara pelayanan publik di Universitas Teuku Umar dalam melakukan pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan pada masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat dan pelaksanaan konsultasi,” kata Aduwina Pakeh

Sebagai informasi, Anugerah Diktiristek 2023 menghelat beberapa anugerah. Selain Angerah Humas Dikti, juga ada Anugerah Kerja Sama Diktiristek (AKD), Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sumber Daya, Kelembagaan, Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Jurnalis dan Media.

Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang telah berhasil meraih pencapaian tertinggi dan berkontribusi dalam mendukung implementasi transformasi pendidikan tinggi yang meliputi MBKM, Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, dan Matching Fund. (*)

Mudasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *