HIMMPAS SUKA Gelar Pembukaan Musyawarah Besar Ke-V

Mentra – Pembukaan Musyawarah Besar (MUBES) Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Sunan Kalijaga (HIMMPAS SUKA) Ke-V digelar di Kantor DPD RI Yogyakarta, Sabtu (2/12/2023).

Ketua Umum 2023, M. Syafrie Ramadhan, mengatakan, fakta Pemilu 2024 yaitu total pemilih dari Generasi Millenial dan Generasi Z berjumlah 113 Juta atau 56,45% (hampir 60%) dari total keseluruhan pemilih.

“Data ini menunjukkan bahwa pemuda hari ini adalah penentu masa depan bangsa kita. Kami mengajak kepada generasi muda untuk terlibat aktif dan tidak acuh terhadap momentum ini,” ujarnya.

Syafrie, menambahkan, mahasiswa rantau (menempuh pendidikan) disebut sebagai Pemilih Daerah Pemilihan Tambahan (DPTb). Sebab mereka tidak berada di daerah pemilihannya.

“Dalam rangka memastikan suara pemuda ini tidak disalah gunakan, kami mengimbau untuk terlibat aktif dalam menyelesaikan hal-hal administratif. Agar pemilu dapat berlangsung sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Ketua Umum HIMMPAS SUKA, melanjutkan, pemuda sebagai Agent of Change, salah satu agenda strategis pembangunan pemuda adalah mewujudkan generasi penerus bangsa yang tangguh, mandiri, dan berdaya saing. Selain itu, akses ke bonus demografi mengharuskan kaum muda untuk mengambil peran dan peluang secara cerdas.

“Kita dsini adalah organisasi eksternal, kita disini organisasi mahasiswa muslim pascasarjana yang pada sejatinya dididik menjadi agen-agen perubahan sesuai bidangnya masing-masing,” lanjutnya.

Syafrie, menyebutkan, dalam menghadapi bonus demografi harus dominan, kaum pemuda tentu memegang peranan penting di era bonus demografi ini. Generasi ini akan menguasai roda pembangunan khususnya di bidang ekonomi, yang diharapkan dapat membawa bangsa Indonesia menuju pembangunan yang lebih maju dan dinamis.

“Memasuki musim-musim politik ini, saya berpesan kepada teman-teman semua, jangan sampai kita menjadi pemuda yang apatis, tidak peduli akan hadirnya kontestasi politik ini, bagi saya terserah kalian mau pilih nomor berapa, tapi suara kalian layak di perjuangkan dan layak di menangkan oleh orang-orang terbaik. HIMMPAS SUKA ini akan melahirkan tokoh-tokoh nasional yang mampu berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional, bisa jadi ada yang menjadi dosen, bupati, gubernur, menteri, bahkan menjadi presiden,” tutupnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *