UTU Kembali Raih Predikat Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Aceh 2023 Versi UI GreenMetric

Jakarta – UTU | Menjelang akhir tahun 2023, Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi terkait kampus berkelanjutan versi Universitas Indonesia (UI) Greenmetric sebagai kampus berkelanjutan terbaik di Aceh, 01/12/2023.

Secara nasional, Universitas Teuku

adidas yeezy shoes grey curly wig adidas adilette 22 stockx bayern shirt 22 23 yeezy official site custom baseball uniforms nike jordan 11 cmft custom football jerseys adam and eve adult store adidas adilette 22 stockx bayern shirt 22 23 nike san diego padres sexy ladies night wear custom football jerseys dallas cowboy shop

Umar berhasil meraih peringkat 21 dari 145 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti kompetisi ini. Peringkat ini naik satu tingkat berbanding tahun 2022 lalu pada posisi 22 dari dari 126 Perguruan Tinggi partisipan.

Dlam enam tahun terakhir secara berturut-turut UTU mampu secara konsisten masuk kedalam peringkat 30 besar semenjak keikutsertaan pertama kali pada tahun 2016.

Penghargaan kepada UTU diterima langsung oleh Rektor Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si dari Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSc selaku Ketua UI GreenMetric pada Kamis (30/11/2023) di Unhas Hotel and Convention Makassar Sulawesi Selatan.

Perolehan tersebut didasarkan atas apresiasi UI GreenMetric World University Rankings 2023 kepada UTU sebagai The 21th Most Sustainable University in Indonesia yang diumumkan secara hybrid dalam acara Pengumuman dan Pemberian Anugerah Peringkat UI GreenMetric Indonesia 2023.

Ditempat yang sama Rektor UTU juga menerima penghargaan berupa sertifikat Tree Rating 3.5 (rating 3.5 pohon) dari lembaga UI GreenMetric World University Rankings. Prestasi tersebut merupakan capaian Perguruan Tingi dalam menerapkan program kampus keberlanjutan.    Capaian Trees Rating tertinggi adalah 5 (lima).

Penyerahan sertifikat Trees Rating dilaksanakan setelah pemberian anugerah Most Sustainable University in Indonesia kepada Rektor dan pimpinan Perguruan Tinggi yang berjumlah 18 orang dari seluruh Indonesia

Keikutsertaan Universitas Teuku Umar dalam pemeringkatan internasional pengelolaan kampus berkelanjutan dimulai sejak tahun 2016. Komitmen membangun kampus hijau ramah lingkungan dan berkelanjutan, menghantarkan UTU secara berturut-turut sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2023 ini mendapatkan peringkat pertama di Aceh sebagai kampus hijau berkelanjutan.

“Alhamdulillah, UTU masuk ke dalam 25 besar nasional penilaian UI GreenMetric. Ini merupakan pengakuan dari lembaga internasional yang kredibel terhadap kampus UTU.
Semoga ini dapat menginspirasi kita semua khususnya dalam upaya melestarikan lingkungan,” ucap Rektor UTU Prof Ishak Hasan

 

Syukur dan terima kasih tak terhingga juga disampaikan oleh Prof Ishak kepada seluruh sivitas akademika UTU. “Atas kontribusi seluruh sivitas akademika, saya mengucapkan terima kasih, sehingga UTU mampu mewujudkan green kampus. Semoga UTU menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh penghuni alam serta terus dapat menginspirasi”, lanjutnya

Prof Ishak Hasan juga mengingatkan kepada pimpinan dan seluruh sivitas akademika untuk tidak cepat puas dalam penghargaan tersebut. Rektor mengajak untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam mewujudkan visi UTU yakni sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi termasuk menjadi referensi dalam bidang pengelolaan lingkungan.

“Semoga tahun-tahun mendatang, peringkat kita terus meningkat lebih tinggi lagi,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Greenmetric UTU, Amda Resdiar, S.P., M.Si menyebutkan UI GreenMetric merupakan pelopor dalam pemeringkatan melalui pengembangan alat ukur kampus berkelanjutan dan hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh Perguruan Tinggi di dunia.

Dalam penilaiannya, UI Greenmetric menggunakan 6 indikator yaitu, Setting and Infrastructure, Energy and climate change, Waste, Water, Transportation, dan Education.

Berdasarkan ke-6 kriteria tersebut, kampus dituntut untuk bisa menerapkan konsep keberlanjutan dalam berbagai aspek secara konsisten.

Lebih lanjut ia menjelaskan keikutsertaan UTU dalam penilaian UI Green Metric ini telah dimulai pada tahun 2016 dimana UTU berhasil menduduki peringkat 22 dari 48 peserta secara nasional. Hal ini tentu saja sangat membanggakan mengingat UTU sendiri merupakan kampus yang masih baru.

Pada tahun 2020 UTU berhasil menduduki peringkat 23 dari total 88 peserta seluruh Indonesia. Kemudian pada tahun 2022 UTU kembali berhasil meraih  peringkat 22 Nasional dari jumlah partisipasi peserta yang semakin banyak yaitu 126 perguruan tinggi se Indonesia.

“Alhamdulillah, UTU di tahun 2023 ini naik satu peringkat ke 21 dari jumlah partisipasi yang semakin meningkat yaitu 145 Perguruan tinggi dari seluruh Indonesia,” katanya

Jadi, pemeringkatan dalam UI GreenMetric ini dilakukan setiap satu tahun sekali dan biasanya hasil evaluasi akan diumumkan pada 5 Desember 2023.

“Kami berharap, mudah-mudahan pada tahun 2024 mendatang dengan kerja keras semua pihak baik fakultas dan unit-unit di lingkungan UTU, semoga Allah meridhoi sehingga bisa masuk dalam posisi 15 besar” tandasnya.

Mudasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *