Demo Days Wirausaha Merdeka UNTAN: Showcase Tugas Akhir MBKM Sekolah CEO

Mentra – Gaia Bumi Raya City Mall bertransformasi menjadi panggung megah bagi kreativitas mahasiswa Wirausaha Merdeka Sekolah CEO Tanjungpura dalam Demo Days Wirausaha Merdeka.

Pameran ini berlangsung mulai dari tanggal 30 November 2023 hingga 3 Desember 2023, acara ini menjadi vitrine bagi Tugas Akhir Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Sekolah CEO Tanjungpura.

Ratusan mahasiswa memamerkan proyek-proyek inovatif mereka, mengeksplorasi konsep-konsep wirausaha merdeka dalam berbagai disiplin ilmu. Gaia Bumi Raya City Mall menjadi saksi perkembangan ide dan kreativitas yang mengalir dalam setiap pameran hasil karya terbaik dari para mahasiswa.

Proyek-proyek yang ditampilkan mencakup bidang bisnis Jasa dan Perdagangan, makanan dan minuman serta beberapa stand lainnya. Demo Days ini bukan hanya tentang presentasi formal, tetapi juga menjadi ajang dialog antara mahasiswa dan pengunjung. Kesempatan ini memberikan wadah untuk pertukaran ide, memberikan pengalaman yang mendalam bagi kedua belah pihak.

Acara ini juga menjadi kesempatan bagi perusahaan dan investor untuk menjajaki potensi kolaborasi dengan mahasiswa yang memiliki ide-ide segar dan berdaya saing. Dengan melibatkan sektor bisnis.

Sebagai penyelenggara, Universitas Tanjung Pura agar kedepan dapat membuka pintu peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam dunia industri sejak dini.

Panitia acara menyampaikan, Demo Days Wirausaha Merdeka menjadi motivasi tambahan bagi mahasiswa untuk terus mengasah kreativitas dan semangat wirausaha merdeka di masa depan.

“Program Sekolah CEO Tanjungpura atau Wirausaha Merdeka merupakan satu diantara aktualisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di inisiasi oleh Kemendikbudristek dan LPDP. Tujuan dari program ini ialah untuk menyiapkan lulusan universitas yang memiliki mindset dan kompetensi kewirausahaan yang matang, kreatif, dan kompetitif di dunia kerja,” ujarnya.

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas.

Melalui kegiatan Wirausaha Merdeka, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan kemampuan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

Universitas Tanjungpura sebagai Perguruan Tinggi pelaksana program sudah membuat rencana pembelajaran yang meliputi capaian pembelajaran, bahan ajar, metode dan media, waktu, tempat, mekanisme pelaksanaan dan penilaian, serta tenaga pengajar selama kurang lebih lima bulan untuk para mahasiswa peserta Sekolah CEO Tanjungpura.

Melalui program Wirausaha Merdeka, diharapkan mahasiswa yang memiliki minat dan potensi dalam kewirausahaan dapat terfasilitasi dengan baik serta mendapatkan dukungan berupa mentoring dan pendampingan dari para ahli dan praktisi wirausaha melalui Perguruan Tinggi pelaksana.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *