Kader IMM Sumatera Barat Bersama Palestina

Mentra – Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) KH. Ahmad Dahlan dan Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu korban konflik di Palestina, Padang (11/11/2023).

Ketua Umum PK IMM KH.Ahmad Dahlan FAI UM Sumbar, Alfin Yusron, mengatakan, aksi penggalangan dana oleh Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) KH. Ahmad Dahlan dan Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dibagi menjadi lima 5 titik di Kota Padang yaitu Taplau, Gor H.Agus salim, Tabing, Lubuk Buaya, dan area kampus UM Sumatera Barat.

“Kami perwakilan dari kampus UM Sumatera Barat memulai penggalangan dana untuk Palestina sejak tanggal 11 hingga nanti pada 26 November 2023,” ujarnya.

Koordinator Lapangan, Arifin Wahid mengatakan, aksi penggalangan dana yang dilakukan itu juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia nomor 12 tahun 2023 tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina.

“Pada saat ini total dana yang telah terkumpul sebanyak Rp 3 juta, Insha Allah akan lebih banyak lagi ke depannya,” ujarnya.

Arifin menambahkan, bahwa aksi solidaritas itu dilakukan semata-mata karena kepedulian dan rasa kemanusiaan para kader muda Muhammadiyah dan mahasiswa untuk para korban konflik di Palestina.

“Nantinya dana yang terkumpul akan diserahkan langsung kepada Lembaga, Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) untuk selanjutnya disumbangkan kepada warga Palestina,” tambahnya.

Sementara itu, Alfin Yusron melanjutkan, sejak pecah konflik di Palestina pada 7 Oktober 2023, masyarakat Kota Padang dari berbagai kalangan suku, ras, telah melakukan sejumlah aksi solidaritas atas banyaknya korban yang ditimbulkan akibat konflik tersebut.

“Aksi solidaritas Palestina ini dilakukan untuk mengekspresikan berfastabiqul khairat dalam kebaikan maupun dukungan dan solidaritas terhadap rakyat Palestina dalam perjuangan mereka memperoleh keadilan, hak asasi manusia dan kemerdekaan”, lanjutnya.

Korlap, Arifin menyebutkan, aksi solidaritas ini juga mencerminkan keinginan generasi muda Minangkabau untuk berkontribusi dalam upaya menciptakan perdamaian di Palestina dan mengakhiri penderitaan yang telah berlangsung begitu lama

“Aksi solidaritas Palestina penting untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina dan mendukung perjuangan mereka untuk kemerdekaan, perdamaian dan keadilan sekaligus merealisasikan amar makruf nahi mungkar,” tutupnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *