Sekretaris Jenderal PB PII Ajak Konsolidasi Persatuan Pelajar Pemuda Melayu Se Asia Tenggara

MENTRA – Sekretaris Jendral (Sekjend) Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PII), Fikri Haiqal Arif menjadi delegasi Indonesia dan tawarkan penguatan dan persatuan pemuda dan pelajar negeri melayu se-Asia tenggara, dalam agenda Cultural Exchange in Southest Asia’s Multicultural Model, Pattani, Thailand, (4/10/2023).

Diselenggarakan oleh Regional Islamic Da’wah  Council of Shouthest Asia and the  Pasific(RISEAP), Young Muslim Association of Thailand (YMAT) dan Thai Muslim Student Association (TMSA) di tiga provinsi Thailand Selatan yaitu Pattani, Yala dan Narathiwat.

Agenda yang bertajuk dihadiri pemuda dan pelajar ini berhasil mengumpulkan para aktivis yang berlatar belakang berbeda dari Indonesia, seperti Thailand,  Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Myanmar hingga India.

Sekjend PB PII, Fikri, menanggapi berbagai permasalahan yang melatarbelakangi perpecahan di antar negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

“Perlu kiranya memulai untuk menggaungkan persatuan negeri melayu dengan semangat latar belakang dan potensi yang sama-sama dimiliki,” ujarnya.

Fikri mengatakan, semua  harus sadar akan kekurangan yang terletak pada diri bangsa masing-masing, hanya perlu dimulai bersama bahwa pada diri ini ada latar belakang yang sama.

“Sehingga dengan hal itu kekuatan dan potensi kerjasama ke depannya akan terbuka lebih luas lagi. Terlebih pada peluang pemberdayaan pemuda Islam melayu yang menjadi titik pusat perjuangan kita bersama,” tutupnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *