Gelar Seminar Literasi Digital, PB HMI Kolaborasi dengan Kemenkominfo RI

MENTRA – Penguatan Keamanan Siber Jelang Pemilu 2024, PB HMI kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Gelar Seminar Literasi Digital  Talks dengan tema ‘Cakap Digital: Keamanan Siber dan Pemilu 2024’ di Aula Tb. Suandi Serang, Sabtu (16/9/2023).

Ketua Umum PB HMI MPO, Mahfut Khanafi menjelaskan, tujuan seminar ini digelar sebagai upaya penguatan literasi politik dalam konteks digitalisasi menjelang pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang.

“Kami ingin melakukan dialog khusus terutama dalam konteks digitalisasi. Kemudian kita itu harus berbicara tentang keamanan siber yang berhubungan dengan pemilu 2024, supaya dialog-dialog yang kita adakan ini mampu memberi literasi kepada temen-temen semua tentang tantangan juga maupun potensi yang akan kita hadapi di tahun-tahun mendatang, khususnya di momen pemilu 2024,” jelasnya.

Selanjutnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang Indra Pratama, menyarankan kepada semua pengguna digital untuk aware terhadap apa yang kita konsumsi karena kita harus menjadi pengguna digital yang cerdas dan bijak.

“Untuk acara ini mungkin Diskominfo Kota Serang memberi masukan kepada para pemuda untuk lebih aware terhadap teknologi yang semakin berkembang saat ini,” tutur Indra.

Indra juga menegaskan, bahwa saat ini internet menjadi kebutuhan primer, oleh karenanya kita harus waspada terhadap ancaman teknologi berupa siber.

“Sekarang internet menjadi kebutuhan primer setiap orang, kita juga harus mewaspadai ancaman teknologi yaitu siber. Semua identitas kita sudah tercantum di internet mulai dari tanggal lahir, password account dan lain-lain,” tegasnya.

Sekretaris Jenderal PB HMI, Ferizal Mukhtar menyampaikan, bahwa kader HMI Harus cakap Literasi Digital untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Hal ini perlu kita lakukan sebagai bentuk dorongan modal terhadap generasi yang akan datang, khususnya Kader HMI dimanapun berada,” ujarnya.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *