BP2SS Cabang Palembang Temui Bawaslu Palembang Bahas Koordinasi Pengawasan Pemilu

MENTRA – Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan (BP2SS) Cabang Palembang melakukan audiensi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang untuk berkoordinasi dan kerja sama dalam pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Ruang Pertemuan Koordinator Divisi (Koordiv) Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Palembang, Jum’at (8/9/2023).

Dalam audiensi tersebut, Ketua Umum BP2SS Cab. Palembang, Ari Siswanto diterima langsung oleh Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Palembang, Muslim.

Ari menyampaikan bahwa sebagai organisasi independen yang memiliki fungsi mengawal dan ikut serta berpartipasi dalam mengawasi jalannya pemilihan umum yang langsung, umum, bebas dan rahasia.

BP2SS Palembang berkewajiban untuk berkoordinasi dengan Bawaslu dalam tugasnya untuk mengawal setiap tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) sebagai upaya mencegah terjadinya maladministrasi dalam pelaksanaan Pemilu.

“Kedatangan kami hari ini ke Bawaslu Plembang merupakan suatu upaya menjalin koordinasi dan kerjasama terkait pemilu yang memang nantinya akan memperjuangkan hak masyarakat,” ujarnya.

Ari menambahkan bahwa dalam pengawasannya menuju kepada pelaksanaan pemilu di tahun 2024, rakyat dari seluruh lapisan harus berpartisipasi. Artinya menjalankan pemilu harus jelas siapa objek dan subjek dari pemilu tersebut.

“Tentunya rakyat harus berperan penting dalam hal ini, karena dari pemilu lah ada kepentingan rakyat yang paling besar tentang hajat hidup mereka kedepan, karena kebijakan – kebijakan politik kedepan tergantung siapa yang akan menduduki tampuk kepemimpinan” tambahnya.

Disampaikan pula oleh Ari bahwa, pemuda juga tidak boleh hanya jadi pemilih (votters) dan berpikiran apatis, melainkan harus memiliki peran dan mengawasi jalannya pemilu.

Yusuf Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *