Kemenparekraf RI Sambut Baik Ajakan Korps PII Wati dalam Kolaborasi Program Women Economic Bootcamp

 

MENTRA ─ Koordinator Pusat Korps PII Wati (Korpus PII Wati) melakukan audiensi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sehubungan dengan Peringatan Hari Lahir PII Wati ke-59 yang akan dilaksanakan pada 30 Juli mendatang. Audiensi virtual ini dihadiri langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

MENTRA

Dalam audiensi tersebut, Rohayati, Ketua Korpus PII Wati terlebih dahulu memperkenalkan PII Wati sebagai Badan Otonom Pelajar Islam Indonesia yang gerakannya berfokus pada perempuan dan anak, berikut Visi PII Wati dari Fitrah ke Kiprah serta Misi Merdeka Berkiprah.

“Artinya kami sebagai muslimah sebagai perempuan yang menyadari  kapasitas diri sebagai abdi Allah  yang juga bagian dari negara  dan masyarakat memiliki kewajiban untuk berkontribusi dalam gerak-gerak  perubahan dan kebermanfaatan untuk  bangsa dan negara,” kata Rohayati, Senin (24/7/2023).

Adapun Rohayati menjelaskan misinya sangat berarti, gerakan Korps PII Wati merupakan elaborasi nilai-nilai tauhid yang menjamin kebebasan manusia tanpa dikotomi gender dalam kontribusi membangun umat dan bangsa.

Selain itu, Korpus PII Wati juga berfokus pada 4 pilar gerakan, di antaranya; Kesetaraan akses pendidikan, Perempuan merdeka bersuara, Percepatan peningkatan potensi berbasis skill, serta Gerakan advokasi hukum dan HAM.

Khususnya di poin ketiga, Rohayati menambahkan, PII Wati akan menyediakan berbagai pendidikan dan kursus berbasis skill yang akan membantu menyiapkan perempuan agar memiliki  kemampuan dan mumpuni sehingga siap  bersaing di  nasional maupun global.

“Dalam peningkatan potensi ini kami berharap bisa berkolaborasi dengan Kemenparekraf menyiapkan SDM perempuan-perempuan yang siap  berkontribusi dan ikut  berpartisipasi di bidang ekonomi kreatif,” Jelas Rohayati.

Salah satu bentuk programnya adalah Women Economic Bootcamp yang merupakan salah satu agenda utama pada Peringatan Harlah PII Wati ke-59.

Women Economic Bootcamp

Hal ini disambut baik oleh Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno dan langsung memberi arahan kepada Deputi terkait untuk menindak lanjuti hasil audiensi yang turut hadir pada audiensi tersebut, antara lain Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan dan Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif (Ekraf).

“Kita melihat bahwa kolaborasi PII Wati dengan pengembangan sumber daya manusia atau PSDM ke depannya. Terima kasih kepada srikandi-srikandi muda kita di PII Wati. Saya memberi arahan untuk ditindaklanjuti hasil pembicaraan ini,” kata Sandiaga.

Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan, Diah Paham, juga menyampaikan bahwa ada banyak sekali program dari PII Wati yang dapat dikolaborasikan dengan Kemenparekraf khususnya di Bidang SDM Ekraf. 

“Tentunya hal ini in line dengan program pemerintah di mana kita juga ketika memberdayakan masyarakat. Ada beberapa program terkait misalnya pengembangan capacity building yang nantinya tentu akan kita kolaborasikan,” kata Diah.

in line
capacity building
buy now

Afian Dwi Prasetiyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *